BERITA TERBARU

Triptoba News - Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bakauheni hingga Palembang-Betung terus digenjot. Saat ini, progres konstruksi tol sepanjang 460 kilometer (km) itu telah sekitar 75%.

Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan bila tol tersebut sudah tersambung seluruhnya, maka waktu tempuh dari Bakauheni ke Palembang bisa hanya 5 jam dengan jarak 460 kilometer.

Sebelum adanya tol ini, biasanya jalur darat yang digunakan oleh masyarakat hanyalah jalan nasional dengan waktu tempuh Bakauheni-Palembang sekitar 8 jam. Oleh sebab itu, jalan tol ini bisa memangkas waktu hingga 2 jam lebih cepat dari sebelumnya.

"Nggak sampai 6 jam, 5 jam lah. itu kan 460 km. 5 jam cukup. Biasanya lebih dari 8 jam," katanya di Palembang, Selasa (30/8/2018).

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno juga memperkirakan dengan adanya jalan tol ini maka waktu tempuh dari Bakauheni hingga Palembang hanya sekitar 5 jam. Sementara bila dari Jakarta, atau Pelabuhan Merak ke Palembang bisa sekitar 7 jam.

"Kalau dari Jakarta itu harapannya mungkin bisa 7 jam, tapi kalau dari Bakauheni paling hanya 5 jam," jelas Rini.

Rini mengatakan, keberadaan jalan Tol Trans Sumatera dapat memberikan dampak positif bagi transportasi dan mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera. Sebab jalan tol ini membuat akses logistik menjadi lebih efisien.

"Adanya Tol Trans Sumatera ini akan membantu menurunkan biaya logistik sehingga berbagai produk unggulan serta hasil bumi dan sumber daya dapat terdistribusi dengan baik dengan waktu yang cepat disertai biaya terjangkau," kata Rini.