BERITA TERBARU

Bupati tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, mengatakan, masyarakat memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan wilayah kawasan Danau Toba sesuai yang dicanangkan pemerintah pusat. Hal itu disampaikannya saat meresmikan Pasar Raya Muara, Senin (5/2/2018).

Nikson mengatakan, Pasar Raya Muara dibangun dengan konsep tradisional modern. Taput juga termasuk dalam kawasan strategis nasional sangat mendukung bila Pasar Raya Muara dikembangkan. Dilihat dari letaknya berada di pinggir Danau Toba memiliki fasilitas lengkap, seperti kantor pengelola, kios, tempat pengolahan ikan dan daging, rumah potong hewan dan mushola.

"Dengan fasilitas selengkap itu kita berharap ke depan Pasar Raya Muara tidak hanya sekadar tempat jual beli, tetapi juga menjadi pasar wisata. Saya mengajak warga Muara agar menjaga kebersihan dan merawat kawasan Danau Toba dengan baik agar menjadi destinasi wisata bertaraf internasional, " pintanya.

Dalam kesempatan itu, turut juga diresmikan 8 unit Badan Usaha Unit Desa ( BUM-Des) yang dikelola sendiri oleh warga desa di Kecamatan Muara. Bidang usahanya adalah kios pertanian, desa wisata, penyediaan air bersih, usaha penenunan ulos. Selanjutnya dilakukan penandatanganan prasasti di halaman kantor Camat Muara. Sumber Medanbisnisdaily.com