BERITA TERBARU

TRIBUN-MEDAN.COM, PANGARIBUN - Sejumlah Petani terlihat kegirangan serta senyum sumingrah terpancar dari wajah mereka ketika menerima alat mesin pertanian (Alsintan).
Alsintan itu mereka terima langsung dari Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan pada acara pameran pembanguan dan temu pendidikan di Lapangan Bola Desa Pakpahan, Kecamatan Pangaribuan, Tapanuli Utara, Senin (2/10/2017).
Adapun Alsintan yang diberikan yakni Enam unit hand traktor Kubota, satu mesin pipil jagung, 1 Mini traktor, 1 mesin kompos, 1 pompa air serta pupuk cair organik di dalam jerigen berwarna putih. Keseleuruhan Alsintan tersebut dibagi ke 26 desa yang manajemennya diatur oleh kelompok tani.

Kepada Petani, Nikson berpesan agar mereka lebih giat lagi mengolah lahan-lahan pertaniannya. Diharapkannya, Petani Taput dapat lebih sejahtera kedepannya.
"Apalagi yang namanya pupuk setelah panen baru bayar. Kita beri traktor dan beri jaminan harga. Karenanya, kita harus saling mendukung mewujudkan mimpi kita agar pertanian kita lebih maju," ucapnya usai turun mengecek Mini Traktor berwarna biru.
Ia menyampaikan, agar para kepala desa terus berbenah membangun desanya mengnigat besarnya dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat.
Terkait Alsinta yang diserahkan itu juga kepala desa dianjurkan untuk dapat mengawasi pemakaian yang baik dan merata oleh warganya
Lebih lanjut dia mengatakan, Taput haruslah menjadi lumbung pangan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Apalagi, Taput juga menjadi satu dari daerah lain yang di Kawasan Danau Toba yang saat ini menjadi sorotan dunia dengan adanya Bandara Internasional di Silangit.
Kerumunan warga tampak memadati lapangan bola tempat berlangsungnya acara di Desa itu tersebut. Unsur Muspida, anak-anak SD sampai SMA se-Kecamatan Pangaribuan turut ambil serta dalam hajatan ini.